Friday, May 27, 2011

Belajar Lectora dan Internet di SMP 1 Paliyan

     Kawan, suatu siang yang terik aku bertemu dengan tiga orang tukang batu yang sedang bekerja keras. Aku bertanya pada mereka, "Sedang apa, pak panjenengan ini ?" . Tukang batu yang pertama menjawab sambil agak marah. Mungkin merasa terganggu dengan pertanyaanku. "Apa kamu enggak lihat aku sedang bekerja keras ?!". ia terus melanjutkan kerja sambil bersungut sungut.
     Tukang batu yang kedua menjawab "Ini mas aku sedang mencari nafkah, untuk istri dan anak-anakku." Katanya dengan sedikit lebih lembut dibanding yang pertama.
     Sedang yang ketiga menjawab dengan penuh rasa persahabatan dan ceria. Meskipun bekerja keras di siang hari ia tetap tampak bergairah dan menikmati pekerjaanya, "mas ini saya sedang membangun gedung sekolahan yang nanti akan digunakan untuk menuntut ilmu anak-anak kita".
     Kawan, aku terkesima mendengar jawaban mereka. Aku jadi makin bisa mengerti  apa yang dimaksud dengan memaknai pekerjaan. Tukang batu yang pertama aku anggap gagal memberikan makna pada pekerjaannya sendiri.Untuk yang kedua aku rasa beliau memberikan makna pada pekerjaanya sekedar untuk hidup, mencari nafkah dan tidak lebih. Akan tetapi yang ketiga beliau telah mencapai tingkat dimana pekerjaan adalah sarana untuk pengabdian, pelayanan, dan kasih sayang. Ia menemukan keahagian tak peduli apa pekerjaanya. Ia menemukan makna hidup yang dicari oleh semua orang.

   
     Kawan, aku berharap program Pelatihan Lectora dan internet di SMP 1 Paliyan ini dapat menjadi sarana bagi para peserta dan siapapun yang terlibat, dalam menemukan makna hidup dari pekerjaan yang dilakukanya. 
    

3 comments:

kurnea setya said...

pak saya dapet lectora dari bu rini tu sama power point g pak?

kurnea setya said...

mbok dikirim postingan trik trik nya pak please

kurnea setya said...

mbok dikirim postingan trik trik nya pak please